Minggu, 14 Agustus 2011

Hari Pertama dan Sebuah Resolusi Baru

Jum'at kemarin adalah hari pertama saya ngasisteni murid2 di lab kimia. Saya menjadi asisten bareng seorang Bapak yang belasan tahun berkecimpung d industri. Seorang praktisi memang punya keunggulan tersendiri, karena ternyata banyak hal yang belum saya ketahui tentang kimia dan tidak saya peroleh di bangku kuliah *ilmu saya masih cetek :(

Sebelum praktikum dimulai, saya berbincang dengan si Bapak. Ternyata orangnya asik diwawancara (lha?). Iya, saya bertanya banyak hal terkait pengajaran kimia. Kadang beliau memberi tips-tips praktis (laboran lab pun yang menjadi teman berbincang turut manggut2 tanda takjub). Ehm, kadang beliau berbicara dengan istilah dan bahasa kimia yang saya sudah lupa. Jadi malu deh karena seringkali beliau menangkap isyarat ketidaktahuan saya, dengan sabar beliau menjelaskan hal yang tidak saya mengerti. Low profile sekali beliau ini.

Keesokan harinya, sebagai pengganti praktikum hari kamis yang tertunda, maka saya bersama beliau ngasisteni murid2 lagi. Hehe, kali itu saya sudah mempersenjatai diri dengan buku berjudul Kimia Larutan. Saat berbincang dengan beliau, saya sembari membuka-buka buku, siap2 mencari tema yang sedang beliau bicarakan supaya gak nge-blank banget. Beliau melihat saya kadang sibuk membuka buku sementara beliau berbicara. Saya cuek aja lah daripada gak ngerti sama sekali mending 'nyontek' ke buku :D

Dari perbincangan2 itu, saya jadi punya resolusi untuk ke depan:

dalam sehari, setidaknya saya harus mengerjakan 3 buah soal kimia

2 komentar: