Kamis, 21 Oktober 2010

Jilbab vs Poni

Aku selalu teringat kisah ini. Saat SMP dulu, aku duduk semeja dengan sobatku, nama kecilnya Ka. Siang itu, hari Jum’at semua siswa muslimah tentu berbusana muslim tak terkecuali sobatku ini. Karena aku lihat ia kurang bersemangat, aku bertanya padanya,”kamu kenapa Ka?”

 ”Emang kenapa Ta?” dia malah balik tanya.

 ”Kelihatannya lesu.”

 ”Gak kenapa-kenapa kok.” Jawabnya, tapi aku tidak percaya dengan jawaban itu karena kerutan di keningnya berkata lain. Aku tidak melanjutkan bertanya, biasanya nanti ia akan cerita sendiri kalau memang ia membutuhkan aku untuk mendengarnya.

Selama pelajaran berlangsung dari awal hingga jam istirahat, hanya kalimat seperlunya yang ia lontarkan dengan dingin atau lelucon ketus yang akupun merasa tak enak kalau tertawa meski itu lucu. Usai jam istirahat saat pelajaran matematika dimulai, setelah memberi penjelasan, guru kami menugaskan mengerjakan latihan soal di buku. Kami mengerjakannya bersama dan membahas jika soal agak sulit.

 Lalu,”Ta..” Tiba-tiba ia memanggilku, aku mengalihkan pandanganku dari buku ke arahnya. ”Kenapa?” tanyaku.

 Tanpa balas menatapku, ia melanjutkan ceritanya sambil menulis, ”tadi pagi aku kan buru-buru berangkatnya, di angkot tuh orang-orang pada ngeliatin aku. Ada yang senyum-senyum aja lagi, kesel akunya.”

 ”Kok bisa? Perasaan kamu aja kali Ka.”

 ”Enggak, beneran Ta. Pas aku turun dari angkot terus jalan ke sekolah aku baru sadar, ternyata poniku diluar.”

 ”Maksudnya?” aku belum paham.

 ”Iya, aku kerudungan tapi poniku gak aku masukin ke dalem kerudungnya...” jawabnya sambil manyun.

 ”Ha?” aku langsung ngekek tertahan membayangkan hal tersebut.

 ”Lagian kenapa sih orang-orang di angkot bukannya ngasih tau gitu, malah ngeliatin aja.” lanjutnya.

 ”Ya, abis kamunya tenang-tenang aja sih. Dikira mereka emang model kerudungan kamu kayak gitu kali...” jawabku geli. Ia menatapku sebal sambil akhirnya ikut tersenyum geli juga. Aku gak nyangka, anak cuek ini bisa terganggu dengan hal sepele semacam itu.

Intinya sih masalah kecil untuk seseorang bisa jadi merupakan masalah besar untuk orang lain dan juga sebaliknya.

8 komentar:

  1. klo dikampusku biasanya disebut : jipon

    BalasHapus
  2. sekarang sering saya liat yang berjilbab tapi juga poninya keliatan. bukan karena ngga sengaja, tapi memang sedang agak trend. hmmm.. dan ketika diingatkan kebanyakan mereka ngga tau kemestian jilbab tuh seperti apa. ironis kan? nah, yuk kita sampaikan seperti apa seharusnya berjilbab. tapi karena saya laki2, jado ngga bisa mencontohkan dalam kehidupan sehari-hari. hehe..

    BalasHapus
  3. tren lagi-tren lagi. sip, muslimahnya yg mesti memberi contoh

    BalasHapus
  4. geli juga ya? dan itu jadi trend ya? ku pikir murid2 di sekolah ntu beneran tidak sengaja poninya jalan-jalan. e ternyata lagi nyoba tren... pantesan...

    BalasHapus
  5. maksudnya pantesan murid-murid pada pake model begituan... gituuuu

    BalasHapus