Selasa, 19 Oktober 2010

Bengkulu 18 19 Oktober

ke Bengkulu naik bis kelas eksekusi, bener-bener tereksekusi deh, hehe. Ongkos per orangnya adalah Rp. 175rbu. Ck ck ck, ini ide si Bapak, "gak apa-apa ini cuman kegiatan iseng-iseng berhadiah. Dapet sukur gak dapet ya gak papa. Nganter si Lek (panggilan untuk om ku)" Jadi awalnya adalah mendaftarkan si om untuk ikut seleksi pegawai dephub transportasi udara. Sekalian aja deh tu aku dan adikku disuruh ikut daftar juga padahal masih kuliah (pake ijazah SMA). Eeh, gak tahunya para peserta wajib datang tes fisik tanggal 18 Oktober. Yaudin, berangkatlah kita ditemani Bapak dengan bis kelas eksekusi tadi. 

Awalnya seneng aja di kapal laut, maklum baru pertama kali naik. Tapi setelah itu, Masya Allah gak tau deh aku mau lagi gak ya, bayangin 30 jam naik bis. Aku nikmati saja perjalanan ekstrim itu. Aku bilang ekstrim karena jalanan berliku naik-turun-gunung-kanan-kiri-jurang. Kayak daerah Nagreg tapi ini gak ada putus-putusnya. Banyak papan peringatan pula, bikin senyum sendiri karena mengingatkanku dengan halaman rumah si Paman Gober, bedanya kalo di jalur lintas Sumatera ini bukan papan peringatan bertulis enyah kau! Menjauh! Dilarang masuk! kayak Paman Gober, tapi hati-hati turunan dan jurang, rawan longsor, rawan kecelakaan, dan peringatan semacam itu. Pokoknya seru deh, sport jantung. 

Sampai di daerah Panorama kita menuju Hotel Sindu, tapi ternyata kamar penuh semua karena dibooking untuk pelatihan satpol pp se Propinsi gitu. Ya wis Alhamdulillah ada panitia acara tersebut yang bersedia mengantar kita ke hotel lain, masih daerah Panorama. Namanya Hotel Idaman (Idaman kalo di Purwokerto mah warnet). Satu kamar tarifnya 150rbu per malam.

Dari idaman ke Bandara Fatmawati Soekarno di daerah Curub ngangkot 2 kali. Tarif angkot Bengkulu sama dengan di perum, jauh dekat Rp 2000. Pagi kita Check out dan langsung ke tempat tes fisik di Bandara. Ihihi seru juga, soalnya kayak ospek aja, bedanya ini yang ngospek polisi dan tentara. Kita dilatih baris berbaris kemudian dites. suii tenan lah, soalnya pesertanya mencapai angka 4000 orang.

Karena sampai sore belum kelar juga, tes dilanjutkan besok, bersambung gitu. Hyaa terpaksa cari tempat nginep lagi deh ah. Si Bapak inget di depan Bandara agak kiri sedikit ada asrama haji, Bapak bilang sih biasanya boleh disewakan. Setelah bubar tes kita coba ke asrama haji, daripada mesti balik ke hotel lagi. 

Dalam hati, aku takut. AS-RA-MA, hehe kalo denger kata ini, kayaknya angker gitu, bayanganku adalah bangunan tua yang besar, kamar mandi kotor di pojokan, lampu remang, korden gak utuh, cerita aneh, dan ... (hii, aku serem ngelanjutin). Pas masuk ke asrama, waah bangunan emang besar tapi kelihatan baru. Kita dikasih tempat di Gedung Mina namanya. Ini sudah maghrib ketika kita ke asrama. Begitu masuk, waw cakep dah. Jauh dari bayanganku. Bersih, terang benderang, dan kamar mandi terawat (tapi teetep di pojok). 

Tarif untuk kamar biasa dengan kipas angin dihitungnya per-orang yaitu 27.500, murah banget untuk bisa tidur nyaman gini. kalo kamar AC dihitung per-kamar 220.000. Satu kamar isi 4 tempat tidur bertingkat. Kita mah kipas angin aja ya, hehe. Ehm, aku udah seneng dengan tempatnya, eeeh lep! lampunya padam. Astaghfirullah, pikiran negatif memberi energi negatif juga (tentang AS-RA-MA). Aku rada-rada kecewa dan ngerasa horor banget. Kita keluar beli lilin. 'Mati listrik' kata penanggungjawab asrama, 'tadi juga bandara sempat mati' gitu. Lilin di sebar di kamar, hall, dan kamar mandi. Dengan keadaan gini gak mood ngapa-ngapain, mana capek banget abis dijemur seharian, belum solat pula. Lagi duduk-duduk di hall, byar! lampunya nyala lagi. Alhamdulillah, akhirnya bisa istirahat dengan nyaman. 
Oiya,siang tanggal 18-nya aku makan popmie soalnya gak mungkin keluar bandara, tenggorokan iritasi vetsin, eeh malemnya kita gak nemu tempat makan lain selain warung bakso, apa boleh buat makan nasi pake bakso. Kasihan banget tenggorokanku. Belakangan diketahui bahwa di sebelah kanan asrama agak jauh dikit ada RM nasi Padang. Paginya kita pamit ke bapak asrama. 

Di Bandara dijemur lagi deh kita. Tesnya ngukur tinggi badan, jalan biasa, jalan cepat, sit up dan push up (yang perempuan sama polwan kok), sebentar sih, tapi ngantrinyaa... Aku selesai waktu zuhur. Alhamdulillah pulangnya Bapak memutuskan bahwa kita naik Lion Air, 290.000 per orang. Kalo mau lebih murah bisa Sriwijaya Air 275.000. Sampai di rumah perasaan lega. 

Apa lagi? Oh Bunga Rafflesia arnoldi itu ikon Bengkulu. Buah manggis dan durian jadi andalan ni. Kata penjual di sana, untuk durian, harga per buah bukan pada musim durian adalah 12.000 karena durian didatangkan dari Lampung. Tapi kalo lagi musimnya, 10.000 bisa dapet 4 buah durian, nyam. Sumber lain mengatakan per buah bisa sampai 500 perak (bisnis aja yuk ^^). Orang-orangnya ramah dan bahasanya bisa dimengerti (hendak kemano=mau kemana, serempak=bareng/bersama). Kotanya tidak begitu ramai dan jalan utamanya luas seperti kota-kota lain di Indonesia. 

Demikian catatan perjalananku dan beberapa info biaya sebagai referensi bepergian. Maaf ni kalo tulisan acak, tapi aku kira lumayan konkret.

9 komentar:

  1. wah pengen rasanya ngeliat bunga Raflesia langsung
    plus dureeeennn itu Des ^^b

    BalasHapus
  2. Waah mbak ke bengkulu yaa..rumahku lebih kurang 1 kilo dari hotel sindu..

    Enak mbaak tinggal di bengkulu.. Belum semrawut kayak jakarta.. Gak ada macet berkepanjangan.hehehe

    BalasHapus
  3. iya tadi malem baru sampe ke rumah lagi. oh lumayan deket ke sindu.

    setuju! masih lenggang tapi gak sepi-sepi amat

    BalasHapus
  4. waaah. ni siapa ya???baru ptama k bgkulu???

    BalasHapus
  5. ini saya yg br pertama kali keluar pulau jawa tepatnya ke bengkulu

    BalasHapus
  6. Idaman (Idaman kalo di Purwokerto mah warnet)===> kok masih inget aja mbak?

    Dalam hati, aku takut. AS-RA-MA, hehe kalo denger kata ini, kayaknya angker gitu, bayanganku adalah bangunan tua yang besar, kamar mandi kotor di pojokan, lampu remang, korden gak utuh, cerita aneh, dan ... (hii, aku serem ngelanjutin).===> si mbak nih, lebih dari penakut.ihhz :E

    Di Bandara dijemur lagi deh kita. Tesnya ngukur tinggi badan, jalan biasa, jalan cepat, sit up dan push up ===> cucian deeh haha

    BalasHapus
  7. ketauan deh ngapain aku ke sana, dijemur...hehe

    BalasHapus