Senin, 09 Juli 2012

Nasehat Imam Al Ghazali untuk Pembelajar

...

Ketahuilah, wahai orang yang begitu bersemangat memperoleh ilmu, yang dari jiwanya memperlihatkan keinginan yang sungguh-sungguh, dan yang begitu haus terhadap ilmu, bahwa jika tujuanmu menuntut ilmu adalah unuk bersaing, atau untuk berbangga-banggaan, atau agar engkau nampak menonjol di antara teman-temanmu, atau untuk mencari perhatian orang lain, atau untuk menarik simpati pihak lain, atau untuk menumpuk kekayaan duniawi, maka ketahuilah bahwa sejatinya engkau sedang berupaya untuk menghancurkan agammamu, membinasakan dirimu, dan menjual akhiratmu dengan duniamu yang sangat murah. Sudah barang tentu perniagaanmu akan merugi, daganganmu akan bangkrut, dan ilmu yang engkau dapati justru akan membantumu untuk berbuat durhaka, serta menjadi mitramu dalam kerugian. Hal itu laksana seseorang yang menjual sebilah pedang kepada seorang penjahat jalanan, sebagaimana sabda Rasulullah saw.

"Barangsiapa membantu kemaksiatan, meski hanya dengan sepotong kalimat, maka berarti ia turut serta di dalamnya,"

Sebaliknya, jika tujuan yang engkau canangkan di hadapan Allah swt. dalam menuntut ilmu adalah untuk mencari petunjuk-Nya, maka berbahagialah. Sebab, para malaikat akan membentangkan sayap mereka, dan ikan-ikan di laut pun akan memohonkan ampunan dalam setiap langkah perjalananmu.

......

"Manusia yang paling keras siksanya pada hari kiamat kelak ialah orang berilmu yang ilmunya tidak diberikan manfaat oleh Allah."

...

"Ya Allah sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu, amal yang tidak diterima, dan do'a yang tidak didengar."

PLAKK

2 komentar: