Rabu, 11 Januari 2012

Belajar dan Mengajar

Ada yang request bagaimana sih rasanya jadi guru? Heheu gimana ya? Ada senang dan tidaknya. Yang pasti melihat tingkah anak usia SMA, bikin senyum2. Apalagi kalau membaca status2 mereka d fb yang 'galau'.
Baiklah, biar gak sia-sia ni nge-postnya, saya share pengalaman, apa2 aja sih yang biasanya saya (yang seorang pemula dan bukan dari latar belakang keguruan) lakukan.
Hal pertama adalah persiapan sebelum masuk kelas (scr administrasi ada RPP-rencana pelaksanaan pembelajaran). Tertekan asli. Kita mesti njelasin konsep materi. Jadi mesti benar2 paham dan berusaha bisa 'bagaimana menyampaikan ke murid agar ketika saya menerangkan warna merah, maka warna merahlah yang mereka tangkap, bukan warna lain'.
Biasanya kelas pertama akan menjadi laboratorium percobaan. Setelah masuk kelas pertama maka kita akan menemukan misalnya kekurangan kita saat menyampaikan materi dan bagaimana seharusnya yang tepatnya. Nah, ketika masuk kelas berikutnya dengan materi yang sama, sudah lancar.
Kalau materinya ganti lagi, kan mesti persiapan awal lagi?! Biasanya tertekan lagi. Maklum baru pertama ngajar di kelas formal.
Kedua, kondisi kelas. Kondisi pagi, siang, dan sore berbeda. Apakah mereka masih fresh atau sudah jenuh? Ada kalanya ketika kita berbicara mereka ikut bicara. Jadi, biasanya kalau sudah begitu, saya akan mencatat poin penting terlebih dahulu di papan tulis, setelah itu saya diam menyapu pandangan ke seluruh kelas untuk mendapatkan atensi, kemudian berkata semacam ini "tolong beri waktu saya 15 menit saja menjelaskan, bisa?" saya ulangi pertanyaan bisa? Sampai semua anak menjawab bisa. Barulah saya menjelaskan. Setelah menjelaskan, saya beri tugas atau latihan, jadi mereka sibuk dengan tugas atau latihan itu.
Cukup dulu untuk share-nya, saya harus siap2 masuk kelas lagi =D.
Oiya, last but not least:
Tidak semua murid punya motif/tujuan yang sama saat pergi ke sekolah.

9 komentar:

  1. Alalalay! Ada yg request kok? Spa tuch? Wha bs dbyangkan, rempongnya jd guri! Smangaaaat!

    BalasHapus
  2. Apaan tuh alalalay!? Gubrak deh. Yg request yg komen pertama ahaha sebut saja Bunga

    BalasHapus
  3. kayanya asyik ya jadi guru... hehe...

    BalasHapus
  4. Ahahahaha. Bunga itu kan adik kost yang membawa kabur ATMku. Ahahahai

    kalau Alalalalay itu, kalau ketemu atau pas telpungan, tek praktekin! Ok!

    BalasHapus
  5. kalau saya malah terpaksa jadi guru

    BalasHapus
  6. awalnya mungkin tidak ada pilihan tapi kalau kita renungi pekerjaan guru "its wonderful things!"
    #saya juga masih belajar :)

    BalasHapus
  7. memang harusnya seperti itu. tapi saya sudah tak jadi guru lagi, ehehehe

    BalasHapus